• 0741-5911449
  • baya@setarajambi.org
  • Mayang, Komplek Kehutanan, Jambi

Potensi Ketahanan Pangan Selain Padi

Petani yang sedang merontokkan padi hasil panen, (photo credit: Rahmat Fauzan)

Oleh: Zulfa Amira Zaed

Beras, hingga saat ini masih menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Meski sebenarnya sumber karbohidrat tak hanya berasal dari beras.

Padi masuk ke wilayah Indocina dan masuk ke Indonesia pada 1500 sebelum Masehi. Sejak saat itulah padi semakin berkembang di Indonesia yang beriklim tropis dan cocok untuk bertanam padi. Hingga akhirnya nasi yang berasal dari tanaman padi menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia.

Indonesia bahkan pernah dijuluki sebagai lumbung padi sebelum tahun 1990, namun perubahan iklim menyebabkan makin berkurangnya lahan pertanian sawah. Kini Indonesia harus mengimpor beras dari negara lain untuk memeuhi kebutuhan beras dalam negeri.

Menurut pusat data dan sistem informasi pertanian Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian luas lahan pertanian sawah di Indonesia pada tahun 2019 adalah 7.463.948 hektare. Luas tersebut menurun sebanyak 628.959 hektare sejak tahun 2015. Pada tahun 2015 luas lahan pertanian sawah adalah 8.092.907 hektare.

Luas lahan pertanian sawah jelas semakin menurun dari tahun ke tahun. Untuk mengupayakan ketahanan pangan, sumber karbohidrat selain beras dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat masyarakat.

Sumber karbohidrat selain beras bisa berasal dari kentang, sagu, jagung, ubi, pisang, singkong, dan lainnya. Selain harga yang lebih ekonomis disbanding dengan beras, sumber karbohidrat tersebut juga lebih tinggi serat.

Pemanfaatan sumber karbohidrat selain beras tersebut dapat menjadi slaah satu solusi untuk mengatasi ancaman krisis iklim yang menyebabkan lahan pertanian sawah terus berkurang.

Dari Indonesiabaik.id, menurut riset MASSI terjadinya keberlimpahan sagu bisa dimanfaatkan sebagai salah satu potensi kekuatan pangan di Indonesia. Ini antara lain karena luas lahan sagu di Indonesia mencapai 5,5 juta hektar dari total 6,5 juta hektar luas lahan sagu di dunia. Dari total luas tersebut, 5 juta hektar berlokasi di daerah Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *