• 0741-5911449
  • baya@setarajambi.org
  • Mayang, Komplek Kehutanan, Jambi
Desa Membangun
Melalui Dana Premi RSPO, APBML Lakukan Aksi Sosial Untuk Kemakmuran

Melalui Dana Premi RSPO, APBML Lakukan Aksi Sosial Untuk Kemakmuran

Oleh : Zulfa Amira Zaed

Asosiasi Petani Berkah Mandah Lestari (APBML), satu kelompok tani dampingan Setara Jambi yang telahendapatkan sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) pada tahun 2019 terus menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan beragam program yang bertujuan untuk memajukan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Pada 15 September 2023, APBML menyumbangkan sebanyak 15 ribu bibit ikan kepada Pemerintah Desa Taman Raja untuk dikelola oleh BUMDES. Hal ini merupakan upaya nyata dalam memajukan perekonomian desa.

“Dengan memberikan bibit ikan tersebut, APBML berharap dapat membantu meningkatkan produksi perikanan di Desa Taman Raja sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa,” kata Ardiansyah, ketua APBML.

Hal ini juga mencerminkan perhatian APBML terhadap isu lingkungan karena pertumbuhan sektor perikanan yang berkelanjutan dapat membantu menjaga keseimbangan ekosistem alam.

Dengan meningkatnya produksi perikanan, masyarakat setempat dapat memiliki lebih banyak kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan ekonomi yang berkelanjutan.

Pada akhirnya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mendorong pertumbuhan komunitas secara keseluruhan yang berkelanjutan dan inklusif.

Ardiyansyah menjelaskan, selama terbentuknya dan setelah mendapatkan sertifikasi RSPO, APBML memanfaatkan dana premi yang didapatkan, digunakan sepenuhnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat sekitar, khususnya anggota APBML.

Pembagian bibit ikan ini adalah satu dari banyaknya aksi sosial APBML setelah sebelumnya memberikan beasiswa untuk sekolah anak para petani anggota APBML, dana bantuan untuk koperasi salah satu pondok pesantren, dan aksi sosial lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *