Sailun Salimbai di tanah Serentak Bak RegamSailun Salimbai di tanah Serentak Bak Regam
Sailun Salimbai di tanah Serentak Bak Regam

Sailun Salimbai merupakan bibit unggul lokal yang dikembangkan oleh petani Desa Kunangan Kec. Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi. Bibit ini merupakan bibit lokal pertama yang didaftarkan dan dipatenkan asal Muaro Jambi oleh Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih.

Bibit ini tumbuh baik di daerah asalnya Kunangan Muaro Jambi. Bibit Padi Sailun Salimbai memiliki karakteristik bulir padi yang kecil berwarna kemerahan dan memiliki batang rendah, beras dari Sailun Salimbai ini juga memiliki aroma khas pandan seperti varietas padi Pandan Wangi.

Saat ini, sailun salimbai sudah tumbuh di tanah Serentak Bak Regam, Batanghari. Hal ini bermula dari bantuan bibit padi Sailun Salimbai yang diberikan oleh Yayasan Setara Jambi untuk membantu petani Desa Pasar Terusan Batanghari yang mengalami kesulitan bibit akibat gagal panen (Puso) pada musim tanam sebelumnya (2019).

Masyarakat sangat antusias menyambut bibit sailun salimbai yang mereka anggap berbeda dengan varietas yang biasa mereka tanam sebelumnya serta penasaran dengan hasil tanam bibit tersebut nanti. Sekitar 500 kg bibit sailun salimbai didistribusikan dan ditanami oleh 2 kelompok tani di Pasar Terusan Batanghari.

Musim panen tahun ini (2020), masyarakat pasar terusan telah menikmati hasil dari bibit Sailun Salimbai ini. Uun Suheli selaku salah satu pengembang bibit Sailun salimbai  merasa senang apabila bibit Sailun Salimbai ini disukai dan cocok dengan daerah dan selera kawan-kawan di daerah tetangga, karena harapannya masyarakat juga dapat memperkenalkan dan turut membudidayakan bibit tersebut. Sehingga nanti Sailun Salimbai bukan hanya dapat dinikmati masyarakat Muaro Jambi saja tetapi diseluruh Provinsi Jambi bahkan seluruh Indonesia.  

 



Author: gustiana@setarajambi.org



Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)