JALA PETANI DIGITALISASI UNTUK PETANI KELAPA SAWIT BERKELANJUTAN

By Yonna Ferdiansyah 10 Nov 2020, 21:28:11 WIB Jala Setara
JALA  PETANI  DIGITALISASI UNTUK PETANI KELAPA SAWIT BERKELANJUTAN

   

Jambi, 05 November 2020 - Yayasan Setara Jambi baru saja mengadakan workshop terkait Peran Petani Swadaya dan Kolaborasi Para Pihak dalam Mewujudkan Pengelolaan Sawit Berkelanjutan di Provinsi Jambi yang bertempat di Aula Bappeda Provinsi Jambi. Salah satu kegiatan di acara tersebut adalah launching Jala Petani, aplikasi android berbasis data yang ditujukan untuk petani kelapa sawit dalam hal pendataan dan pencatatan aktivitas kebun. Penggunaan teknologi beserta kecanggihannya biasanya hanya bisa dirasakan dan dimanfaatkan oleh beberapa kalangan saja. Namun kini, para petani juga bisa memanfaatkan penggunaan smartphone untuk mengakses aplikasi pertanian. Kita juga sepakat bahwa aplikasi ini lebih mudah digunakan oleh para petani, melihat handphone bukan lagi barang mewah dan hampir semua kalangan di era ini memilikinya.

JALA PETANI adalah sebuah aplikasi database yang disediakan bagi petani utuk dapat mendata profil pemilik atau petani dan profil kebun sendiri yang terintegrasi. Aplikasi JALA PETANI dibuat dan dikembangkan oleh Yayasan Setara Jambi dengan cloud data JALA SETARA. Mendukung petani dan kebun kelapa sawit yang berkelanjutan, aplikasi ini sangat membantu petani untuk mendata kebun dan pemilik serta terkoordinir secara berkelompok.

Baca Lainnya :

Aplikasi ini diciptakan untuk memudahkan pendataan profil petani dan profil kebun setiap petani yang terdaftar. Dengan sifatnya sebagai aplikasi pendataan yang terintegrasi dengan server, akan memudahkan mendapatkan informasi yang cepat dan tepat kepada pengguna dan pihak lain yang membutuhkan mengenai profil petani dan lahan perkebunan kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi tersebut.

Bagaimana JALA PETANI dapat membantu petani?

Selama ini kita juga mengetahui bahwa petani sangat lemah dalam hal administrasi dan pencatatan aktivitas kebun. Bahkan pihak stakeholder khususnya pemerintah tidak mengetahui

Memanfaatkan teknologi yang ada, aplikasi Jala Petani menjadi solusi untuk mengatasi berbagai jenis masalah tersebut. Berikut manfaat yang ditawarkan didalam JALA PETANI.

a.      Pendataan Profil Pemilik dan Profil Kebun.

Melalui aplikasi ini, maka diperoleh informasi data yang lengkap mengenai :

Profil Pemilik   : nama, NIK, alamat, tempat & tanggal lahir, email dan nomor handphone.

Profil Kebun       :lokasi kebun, koordinat dan peta kebun (polygon), dan status legalitas, jenis komoditi, pupuk, produktivitas dan lain-lain.

b.      Pemetaan Kebun.

Salah satu hal yang menjadi fitur unggulan adalah petani dapat menggunakan JALA PETANI untuk melakukan pemetaan polygon kebun secara swadaya. Dengan keterbatasan alat GPS yang tidak bisa dimiliki oleh semua orang, petani dapat menggunakan smartphone masing-masing untuk melakukan pemetaan dan pengambilan titik koordinat. Melalui pemetaan kebun yang dilakukan, juga bisa menjadi acuan kelompok tani atau gapoktan apakah lokasi kebun berada didalam kawasan atau tidak.

c.       Pencatatan & Arsip Digital Aktivitas Kebun

Selama penggunaan aplikasi, petani dapat mencatat segala aktivitas kebun dimulai dari frekuensi, dosis, jenis dan waktu pemupukan, perawatan kebun, dan pemanenan. Jadi semua data akan tersimpan dimasing-masing akun tiap petani dan terhubung ke server. Petani juga bisa mendapatkan kembali histori rekap catatan aktivitas kebun yang pernah diinput sebelumnya.

d.      Wadah informasi dan konsultasi

Aplikasi ini juga menyediakan berita-berita dan artikel terkait komoditi yang diusahakan. Sehingga harapannya menambah wawasan dan pengetahuan petani untuk meningkatkan produktivitas kebun. Petani juga bisa melakukan konsultasi terkait permasalahan kebun yang dihadapi melalui menu aplikasi yang tersedia. Sebaliknya, informasi petani yang diberikan memudahkan pemerintah untuk mengetahui sebaran komoditas di setiap area secara real-time. Dengan demikian, pemerintah bisa mendapatkan insight yang pada akhirnya dapat menjadi acuan kebijakan yang diperlukan, untuk mengoptimalkan lahan atau komoditas yang ada.

e.      Mudah dipelajari dan diakses.

Jala Petani dirancang sedemikian rupa dengan tampilan yang sederhana dan mudah dipelajari oleh siapapun. Petani usia muda hingga tua bisa mempelajari dengan cepat serta dapat dijadikan sebagai pencatatan aktivitas kebun pribadi. Pengguna dapat mendownload aplikasi di Playstore dengan keyword : JALA PETANI dan dapat diinstal disemua android. Selain itu, aplikasi ini juga bisa diakses menggunakan PC/laptop dengan tampilan web yang sama menariknya.

Adapun tujuan diciptakannya aplikasi ini yaitu untuk pendataan petani/pemilik kebun & profil kebun, manajemen pengelolaan data secara digital untuk informasi petani dan aktivitas kebun, arsip dokumen dan juga wadah informasi seputar kelapa sawit dan lainnya”, jelas Nizar saat pengenalan aplikasi.


Siapa saja pengguna JALA PETANI ?

Adapun penggunaan aplikasi JALA PETANI melibatkan beberapa bagian user.

a.      Petani (sebagai user)

Petani mendaftarkan dirinya dan menggunakan langsung aplikasi untuk dirinya sendiri. Petani mengisi data pribadi dan profil kebun (termasuk peta kebun) kedalam aplikasi. Kemudian petani menggunakan aplikasi sebagai pencatatan digital aktivitas kebun.

b.      Kelompok Tani atau Gapoktan

Kelompok Tani atau Gapoktan juga mempunyai peran sebagai sub-induk user aplikasi. Kelompok tani berperan untuk memonitoring data dan informasi seluruh anggota tani yang tergabung. Kelompok tani atau Gapoktan juga bisa membuat rekap laporan aktivitas kebun, informasi pemilik dan profil kebun anggota dan lokasi (koordinat) kebun yang terdaftar. Meskipun begitu, kelompok tani atau Gapoktan tidak mempunyai hak dan tidak bisa mengetahui ID & Password anggota yang terdaftar.c.       Yayasan Setara Jambi

Yayasan Setara Jambi berperan sebagai admin & pengelola keamanan aplikasi. Selain itu Setara Jambi juga bertanggung jawan untuk bug aplikasi yang muncul jika dikemudian hari ada menu/fitur yang tidak bisa diakses ataupun error.

Kedepannya, aplikasi JALA PETANI ini juga bisa dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah seperti Dinas Perkebunan  untuk berbagi informasi seputar petani dan sebaran petani dan komoditi di daerah tanpa harus turun langsung ke lapangan.  Harapannya dapat meningkatkan keberdayaan petani melalui proses pengambilan keputusan dan kebijakan pemerintah yang lebih cepat dan tepat guna meningkat kesejahteraan petani.

 

Download di Playstore :

Keyword          : JALA PETANI

https://play.google.com/store/apps/details?id=org.setarajambi.jalapetani

 

Web Interface

https://jala.setarajambi.org/auth/login




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment