Copyright 2017 - Custom text here

Masalah sulitnya mendata petani swadaya di propinsi Jambi, menggunakan questioner membuat Yayasan SETARA Jambi berinovasi membuat aplikasi berbasikan android yang mampu mendata petani-petani swadaya yang jumlah nya ribuan. Aplikasi ini dibuat oleh Yayasan SETARA setelah melihat bahwa hampir 70% petani swadaya di propinsi Jambi menggunakan android.

JALA atau Jaring Laba-Laba, adalah aplikasi yang dimaksudkan untuk menjaring data dari petani. JALA Setara juga dapat di download oleh petani-petani dan mengisi biodata mereka sendiri. Semua data-data akan terkirim secara online ke server yang dikelola oleh SETARA. Tak hanya data-data petani, lokasi kebun dalam bentuk titik kordinat juga akan direkam oleh Aplikasi JALA Setara. Ketika data terkirim, secara otomatis, posisi petani akan terlihat didalam petani diserver SETARA. Server SETARA sudah dilengkapi dengan peta Tata Ruang propinsi Jambi, sehingga ketika data petani masuk, secara otomatis dapat terdeteksi lokasi kebun petani, apakah dikawasan terlarang atau kawasan yang bersih.

“JALA Setara, selain membantu untuk membangun data base petani, juga dapat membantu pihak lain, seperti NGO, perusahaan, Donor, untuk melihat status petani swadaya yang akan dan telah menjadi mitra mereka. Sehingga pihak yang berkepentingan dapat mengetahui posisi petani dan model intervensi yang dapat dilakukan.” Rukaiyah Rafiq Direktur SETARA.

Selain data base petani dalam bentuk profil petani, juga JALA Setara akan menginput data aktifitas kebun petani setiap bulan, seperti aktifitas panen, aktifitas pruning, aktifitas pemupukan dll. Ada sekitar 7 aktifitas yang akan di rekam oleh JALA Setara. Namun untuk aktifitas kebun, akan dilakukan oleh petani secara mandiri melalui pengiriman SMS ke server. Agar petani tidak lupa, maka setiap bulan server JALA Setara secara otomatis akan mengirimkan peringatan kepada seluruh petani yang terdaftar untuk mengirimkan aktifitas kebun ke nomor Server.

Aplikasi ini memang baru, tapi tentu saja akan sangat bermanfaat bagi petani-petani untuk meningkatkan performa mereka sebagai pekerja bisnis kelapa sawit. Apalagi saat ini, isu mengenai treacebility menjadi isu penting dalam industri kelapa sawit. JALA Setara hadir untuk menjawab performa petani untuk mendorong treacebility.

2 bulan ini adalah tahap uji coba untuk JALA Setara, dan setelah 2 bulan akan dibuat manual penggunaan JALA Setara, dan juga pelatihan-pelatihan penggunaan JALA Setara. JALA Setara dapat di unduh di playstore dengan menggunakan password dari admin JALA Setara.

 

 

 

 

 

Partner SETARA

 

 

 

Yayasan SETARA Jambi

Vila Bukit Mayang Komplek Kehutanan Blok F No 13

Kelurahan Mayang Mengurai Kecamatan Alam Barajo

Jambi-36126 0741-5911449

 

Pengunjung SETARA