Copyright 2018 - Custom text here

Salah satu mandat UU Desa bahwa pemerintah desa bersama masyarakat desa harus melakukan pemetaan batas wilayah desa. Meskipun sebenarya untuk keterbitan administrasi pemerintahan, pemetaan batas desa mustinya telah dilakukan jauh sebelum UU Desa ini ditetapkan. Akan tetapi besarnya kekhawatiran akan menimbulkan konflik antar desa menjadi alasan klasik sehingga tidak dilakukannya pembahasan dan proses penetapan batas desa diberbagai tempat.

Oleh karena itu Yayasan Setara Jambi melalui program Sekolah Desa melakukan pendampingan terhadap beberapa desa di Kabupaten Batanghari,

dengan salah satu tindak lanjutnya adalah bersama-sama dengan Pemerintah Desa dan kelompok masyarakat di desa melakukan kegiatan pemetaan batas desa. Tentu tidak mudah dan membutuhkan proses sosialisasi dan pemahaman yang  cukup panjang untuk meyakinkan bahwa Pemerintah Desa bisa melakukannya.  Sosialisasi, proses pemahaman telah dilakukan sejak Mei 2016 lalu.

Dari lima desa yang mengikuti Kegiatan Sekolah Desa, dua diantaranya berhasil didorong melakukan penetapan dan pemetaan batas desa yaitu Desa Pasar Terusan dan Desa Terusan. Saat ini Desa Pasar Terusan telah selesai melakukan penetapan dan pemetaan batas , sementara Desa Terusan baru selesai melakukan penetapan batas dan sedang melakukan proses pemetaan batas. Hampir semua proses dan tahapan kegiatan dilakukan oleh Pemerintah Desa dan kelompok masyarakat desa secara partisipatif, kehadiran Yayasan Setara hanya sebagai pemandu atau tepatnya pembuka jalan terlaksananya pemetaan ini.   

Jika penetapan batas dan pemetaan wilayah dese selesai dilakukan, maka proses selanjutnya menyerahkan semua berkas dokumen berita acara penetapan dan data hasil pemetaan untuk kemudian dilakukan verifikasi oleh tim tekhnis yaitu BPN dan pengesahan desa definitive melalui Peraturan Bupati sesuai dengan Permendagri nomor 45 tahun 2016 tentang Pedoman Penetapan dan Penegasan Batas Desa.

Tentu penetapan, pemetaan dan pengesahan peta desa definitive tak dapat dilakukan tanpa dukungan dari pihak pemerintah kecamatan dan Kabupaten dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinas PMD) Kabupaten Batanghari yang selalu terbuka untuk membantu Yayasan Setara dan Pemerintah Desa dalam pencapaian tujuan baik ini.

 

Partner SETARA

 

 

 

Yayasan SETARA Jambi

Vila Bukit Mayang Komplek Kehutanan Blok F No 13

Kelurahan Mayang Mengurai Kecamatan Alam Barajo

Jambi-36126 0741-5911449

 

Pengunjung SETARA