Copyright 2017 - Custom text here

Wilayah PMB (Pabrik Muaro Bulian) yang berada di kecamatan Muara Bulian  Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi merupakan desa yang memiliki perkebunan kelapa sawit petani swadaya yang cukup luas, pada data tracebility yang telah dilakukan diwilayah PMB terdapat 5.849 Ha.

Proses pendataan (Tracebelity) kebun kelapa sawit yang dilaksanakan oleh tim IDH, Setara Jambi dan Asian Agri di wilayah PMB (Pabrik Muara Bulian) pada awal bulan april 2016 hingga maret 2017 mendapatkan data 28 orang yang merupakan Supplier/Agen/Ketua Kelompok Tani yang mensupply TBS kelapa sawit nya ke PT. Inti Indosawit Subur.

Selanjutnya, setelah pendataan selesai pada program tahun ke dua dilanjutkan pada kegiatan sosialiasasi dan pelatihan kepada seluruh supplier/agen/ Ketua Kelompok Tani yang sudah terdata dan telah dilaksanakan pada bulan april-juli 2017 di masing-masing wilayah. Tujuan pada sosialisasi dan pelatihan (Training of Trainer) ini adalah menciptakan para trainer yang berasal langsung dari supplier/agen yang kemudian akan turun langsung untuk melatih petani atau anggota dari kelompok masing-masing.

Sosialisasi dan pelatihan yang meliputi Kelembagaan dan Dinamika Kelompok, serta RSPO, kemudian dilanjutkan Good Agriculture Praktice (GAP), High Conservation Value (HCV) / Nilai Konservasi Tinggi (NKT) dan K3 ini nantinya akan langsung di informasikan kembali kepada petani. 

 (Doc. Setara) Proses pelatihan petani swadaya di PMB

Pada bulan Agustus 2017 sudah berjalan Kegiatan pelatihan untuk petani kelapa sawit di wilayah PMB (Perkebunan Muara Bulian) yang mana pelaksanaan dilakukan di dua desa yaitu desa Sp1 (Karya Mukti) dan Desa Sp2 (Tidar Kuranji), pada proses pelatihan dilakukan 2 kali seminggu dengan pembagian materi hari pertama tentang Good Agriculture Practice (GAP) yang merangkap berbagai aktivitas baik tentang Panen, pupuk, semprot/penggunaan pestisida, perawatan dan Pengendalian Hama Terpadu. Kemudian di hari kedua di lanjutkan materi tentang High Conservation Value dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

 (Doc.Setara) Proses pelatihan petani swadaya di PMB

Kelas di bagi menjadi dua, dimasing-masing kelas berkapasitas 45 orang, sehingga sampai pada akhir agustus 2017 ini sudah + 270 orang petani yang telah mengikuti pelatihan pada periode bulan pertama dari target 1.294 petani.

Proses pendampingan ini sangat didukung oleh pihak desa dengan harapan proses ini dapat membantu petani dalam mendorong minyak sawit keberlanjutan.

Doc. Setara : Pelatihan untuk petani swadaya kelapa sawit (Kelas Sp1)

 Doc. Setara : Pelatihan untuk petani swadaya kelapa sawit (Kelas Sp2)

 

 (Doc.Setara) Penyerahan piagam pelatihan petani sawit swadaya

Adriana Febryani. S.

 

 

Partner SETARA

 

 

 

Yayasan SETARA Jambi

Vila Bukit Mayang Komplek Kehutanan Blok F No 13

Kelurahan Mayang Mengurai Kecamatan Alam Barajo

Jambi-36126 0741-5911449

 

Pengunjung SETARA