Copyright 2017 - Custom text here

Dalam kurun waktu 4-5 tahun belakangan ini Exploitasi ikan air tawar di Desa Karmeo sudah berada ditingkat yang sangat memprihatinkan,penangkapan ikan dengan menggunakan racun dan stroom marak dilakukan oleh masyarakat Desa bahkan bisa dibilang hal yang lumrah dilakukan. Beberapa jenis ikan yang dulu banyak dijumpai di perairan baik itu sungai dan rawa misalnya jenis ikan Toman,Kelemak,kalui (Gurami),Lampam dan tembakang. sekarang sudah tidak lagi dijumpai. Kondisi ini membuat tokoh masyarakat dan Pemerintahan Desa begitu prihatin sehingga muncul lah inisiatif untuk membuat Perdes tentang Larangan menangkap ikan dengan menggunakan alat stroom dan Racun ( potas), maka pada tanggal 16 Januari 2016 bersama Yayasan Setara Jambi diadakan lah pertemuan tokoh –tokoh masyarakat, Pemerintahan Desa,nelayan dan petani untuk merumuskan tentang Perdes tersebut .

Memang Tidak mudah merealisasikan Perdes ini,timbul pro dan kontra ditingkat masyarakat tentang keberadaan Perdes tersebut di satu sisi masyarakat selama   ini sudah terbiasa dengan system penangkapan ikan dengan alat yang tidak direkomendasikan tapi disatu sisi ada masyarakat yang prihatin tentang pentingnya mengembalikan populasi ikan bagi generasi mendatang serta produksi ikan secara berkesinambungan. Perlu Pemahaman masyarakat tentang perlunya melindugi, melestarikan serta menjaga populasi ikan agar menjamin ketersediaan, keberadaan serta kesinambungan jenis ikan bagi generasi sekarang dan yang akan datang atas dasar pemahaman ini akhirnya masyarakat secara sepakat untuk merealisasikan Perdes tentang Larangan Penangkapan ikan dengan menggunakan alat setroom dan Racun.PERDES NO. 03 Tahun 2016 ,Perdes tersebut  berlaku bagi semua lokasi perairan di Desa Karmeo baik itu Sungai,danau, sawah,rawa dan irigasi serta memberikan sanksi,Denda bahkan diserahkan ke pihak berwajib diharapkan perdes mampu berjalan sesuai apa yang diharapkan.Perdes ini dikawal oleh semua lapisan masyarakat baik itu Kelompok Tani,Nelayan serta unsur kelembagaan lainya.

Setelah setahun Perdes tersebut dilaksanakan sekarang populasi ikan di semua perairan desa Karmeo mulai mengalami peningkatan.Pengelolaan sumberdaya  perikanan yang berkelanjutan tidak akan pernah terlepas dari peran serta masyarakat.pengelolaan secara partispatif dinilai efektif menjaga sumber daya dengan prinsip-prinsip berkesinambungan yang akan mampu memberikan jaminan dalam pemanfaatan sumber daya alam sebagai sumber yang efektif dan mampu menyokong pemanfaatan secara lain secara ramah lingkungan serta dapat memberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat lokal sebagai upaya melestarikan sumber daya bagi masa depan.

 

M Basit

 

 

 

 

Partner SETARA

 

 

 

Yayasan SETARA Jambi

Vila Bukit Mayang Komplek Kehutanan Blok F No 13

Kelurahan Mayang Mengurai Kecamatan Alam Barajo

Jambi-36126 0741-5911449

 

Pengunjung SETARA