Nikmatnya memetik sayur dari pekarangan sendiri tes

By Yonna Ferdiansyah 13 Jul 2020, 16:30:20 WIB Inovasi Setara
Nikmatnya memetik sayur dari pekarangan sendiri tes

Manfaat membagikan 1450 paket bibit sayuran untuk pemanfaatan pekarangan di masa pendemi

 

Pangan adalah kebutuhan pokok manusia yang tak bisa dielakkan, pada masa pendemi dirasakan betul bahwa karena pangan (di baca makan) yang menjadi alasan utama bagi sebagian besar warga untuk terpaksa tetap bekerja di luar rumah, dengan alasan tidak punya stok pangan, tidak punya tabungan untuk beli makan dan pernyataan-pernyataan serupa lainnya yang menunjukkan pentingnya pangan. Aspek pangan meliputi ragam jenis dan kandungan gizi yang penting bagi tubuh, salah satunya adalah sayur.

Baca Lainnya :

Menyiapkan dan membagikan 1450 bibit sayuran kepada masyarakat Kota Jambi dan petani di semua desa dampingan adalah bagian dari kegiatan aksi social yang dilakukan Setara Jambi selama pendemi.  Bibit sayuran yang dikemas dalam bentu paket terdiri dari bibit tomat, cabe, terung, sawi, kangkung dan bayam.


Apa tujuannya? Tujuan jangka pendeknya adalah ingin membantu meringankan beban masyarakat disaat pendemi, setidaknya mengurangi biaya konsumsi keluarga. Tujuan jangka panjangnya adalah mendorong upaya pembiasaan masyarakat untuk memenuhi sendiri sebahagian kebutuhan sayur-mayurnya dari kebun pekarangannya sendiri. Mengingat untuk memenuhi kebutuhan pangan warga kota Jambi, sangat bergantung pada pasokan sayur-mayur yang di datangkan dari daerah kabupten bahkan daerah lain di Sumatera seperti Sumatera Selatan dan Sumatera Barat. Tapi tentu proses menuju tujuan itu butuh waktu, terdapat tujuan antara yang ingin disasar dari kegiatan ini yaitu mengoptimalkan waktu di masa WFH, memperkenalkan kegiatan pertanian kepada anak-anak, ringkasnya terdapat banyak manfaat dan pembelajaran yang diperoleh dari paket kecil bibit tersebut.

Kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat baik di Kota Jambi ataupun di desa-desa, hal ini dapat dilihat dari banyaknya orang yang menanggapi informasi yang masukkan di Media Sosial, sepanjang Bulan April-Mei 2020 setiap hari orang datang ke Sekretariat Setara Jambi untuk mendapatkan bibit.

Apa latar belakang dan motivasi orang tertarik untuk menanam?

Pada dasarnya bibit sayuran bukanlah barang mahal, cukup tersedia di toko-toko pertanian, akan tetapi tidak semua orang tahu dimana toko pertanian dan pada umumnya toko pertanian tidak menyediakan bibit dalam kemasan kecil, sehingga informasi adanya paket bibit Cuma -Cuma menjadi daya tarik bagi sebagian warga khususnya perkotaan.

 

Awalnya, sasaran bibit ini diperuntukkan kepada warga kurang mampu di perkotaan, akan tetapi karena covid berdampak kepada semua lapisan masyarakat dan antusias masyarakat cukup tinggi terhadap permintaan bibit sayur sehingga pemberian paket bibit dilakukan secara umum kepada siapapun yang datang.

 

Pada umumnya yang datang meminta bibit adalah mereka yang memang suka dengan kegiatan bertani, ibu muda pekerja yang sedang WFH tertarik untuk melakukan kegiatan pertanian untuk mengoptimalkan waktu di rumah, anak muda, bahkan alumni mahasiswa pertanian yang belum pernah praktek secara mandiri.   

 

Saat ini Setara Jambi merasa gembira karena mendapatkan informasi dan kiriman photo update kegiatan pemanfaatan pekarangan yang dikirim melalui media social Whatsapp dan Facebook. Senang mendapatkan kabar bahwa tanaman pekarangan telah membuahkan hasil, terlebih karena tingginya harga sayuran daun pada bulan Mei 2020 lalu.

 

Apa harapan ke depan?

  

Sesungguhnya bibit ini hanyalah stimulus untuk mengajak warga untuk menanam sendiri sebagian kebutuhan sayurnya dengan memanfaatkan pekarangan rumahnya. Tentu tidak semua tanaman berhasil sesuai dengan harapan, akan tetapi dengan kegagalan harapannya dapat menjadi pembelajaran. Semoga keberhasilan dan kegagalan akan terus memacu masyarakat untuk terus melanjutkan kegiatan pertanian sayur di pekarangan. Dengan semakin banyak masyarakat yang menggunakan pekarangan tidak hanya mendapatkan manfaat langsung dari hasil yang diperoleh akan tetapi juga menjadikan lingkungan perumahan menjadi asri.    




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment