header-int

Implementasi Aplikasi Jala Setara dI Lapangan

Selasa, 07 Mei 2019, 09:03:31 WIB - 202 View
Share
Implementasi Aplikasi Jala Setara dI Lapangan

Bicara pada isu-isu negative per-industrian per-kelapa sawitan yang salah satunya adalah isu tentang deforestasi yang mana pembangunan kebun kelapa sawit menjadi salah satu penyebabnya, dalam situasi tersebut timbullah kebijakan tentang penggunaan bahan baku yang berkelanjutan pada produk yang menggunakan minyak kelapa sawit tersebut.

Dalam pemenuhan pada kebijakan tersebut maka perlu dilakukannya ketelusuran data (Tracebility) untuk mencapai tranformasi industry kelapa sawit. Tracebility adalah cara untuk melihat apakah sumber minyak dan buah sawit itu memenuhi aspek-aspek sustainability dan kebun yang dinyatakan masuk pada tahap tracebelity adalah yang telah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan pada penelusuran data, seperti identitas pemilik kebun, luas kebun, alamat kebun, tahun tanam, keterangan legalitas kebun, produksi, titik koordinat kebun, dan selanjutnya di tambah keterangan sipembeli buah sebagai titik focus pada sebaran kebun yang telah di tracebelity.

JALA SETARA adalah aplikasi untuk membantu melakukan penelusuran data yang dimaksud, tidak hanya komuditas kelapa sawit tapi juga pangan. Pada data yang dibutuhkan untuk melakukan tracebility telah dikemas secara otomatis dalam aplikasi JALA SETARA sehingga mempermudah tim surveyor untuk melakukan pendataan.

Pendataan yang dilakukan dengan menggunakan metode wawancara langsung kepada petani (pemilik kebun) karena proses pendataan pada JALA SETARA diwajibkan mengisi identitas pemilik lahan terlebih dahulu sesuai KTP dengan itu surveyor dapat meneruskan dengan mudah pada pendataan pada kebun sipemilik, pada pengambilan foto kebun dengan menggunakan JALA SETARA tersebut akan muncul secara otomatis titik koordinat. Namun tidak hanya petani saja karena pada proses penelusuran data surveyor menggunakan metode numeric dengan bentuk mencari informasi awal dari Agen/Tokeh/Pembeli TBS seperti berapa dan siapa yang masuk/menjual TBS ke agen tersebut, karena dengan metode ini cukup membantu surveyor dalam melakukan pendataan. Dan data yang telah di trace akan terotomatis masuk ke server JALA SETARA dan bisa langsung diakses.

 

Docomentasi kegiatan pendataan kepada suplayer dan petani di wilayah Tanjabbar

Dalam perhitungan waktu yang telah di praktekkan oleh tim surveyor pendataan membutuhkan 3-4 menit untuk mengisi kebutuhan yang tercantum di aplikasi, dengan syarat metode wawancara pada petani dan lahan terinformasi dengan jelas. Aplikasi JALA SETARA bisa di download langsung di Play Store Andorid.  

Penulis : Adriana Febryani

Unidha Yayasan Setara Jambi adalah Lembaga Non Pemerintah (NGO) yang berkedudukan di Provinsi Jambi, lembaga ini didirikan pada bulan Mei 2007. Yayasan Setara Jambi terdaftar di Akte Notaris Indra Kurniawan Harahap, SH No.10 Januari 2011, terdaftar di Menteri Hukum dan HAM No. AHU-3568.AH.01.04.tahun 2011.Dalam menjalankan kegiatan, kami mendapatkan dukungan dari berbagai lembaga donor, yaitu HIVOS, Misereor, Solidaridad, IDH, RSPO serta sumbangan lain yang tidak mengikat.
© 2019 Yayasan Setara Jambi Follow Yayasan Setara Jambi : Facebook Twitter Linked Youtube