• 0741-5911449
  • baya@setarajambi.org
  • Mayang, Komplek Kehutanan, Jambi
Sawit
GAPOKTAN Tanjung Sehati Merangin, Di Lawat Pers Nasional Dan RSPO.

GAPOKTAN Tanjung Sehati Merangin, Di Lawat Pers Nasional Dan RSPO.

Gapoktan Tanjung Sehati Desa Mekar Jaya, Kabupaten Merangin Jambi, patut berbangga hati karena pada tanggal 24 Mei 2016 lalu dikunjungi oleh berbagai media dari nasional, diantaranya Media Perkebunan, Sawit Indonesia, Info Sawit, Agrina, Tempo, Forbes Indonesia, Antara, Bisnis Indonesia, GATRA dan Kompas.com. Kunjungan media kali ini adalah dalam rangka meliput kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan sertifikasi RSPO. sebagai catatan bahwa Gapoktan Tanjung Sehati dengan dukungan dari Yayasan SETARA Jambi telah berhasil mendapatkan sertifikat RSPO ditahun 2014 lalu.

Kunjungan Media ini adalah rangkaian acara yang digelar oleh RSPO dalam kegiatan RSPO Press Circle. Kali ini RSPO ingin menyampaikan pesan penting, mengenai keterlibatan petani swadaya dalam mempromosikan minyak sawit berkelanjutan melalui skema sertifikasi RSPO, dan diharapkan dapat di tiru oleh petani-petani swadaya yang ada di Indonesia.

Selain kehadiran media, kunjungan yang di gagas RSPO ini juga menghadirkan beberapa orang public figure yang sekaligus sebagai aktifis lingkungan, yaitu Melani Subono, Davina Veronica Hariadi dan Mike dari Marginal Band. Kehadiran ketiga public figure ini tentu saja memberikan kesan tersediri bagi petani, dimana kehadiran mereka memberikan motivasi akan pentingnya terus mendorong praktek terbaik dan berkelanjutan di perkebunan.

Selain kunjungan, juga dilakukan penanaman pohon secara simbolis, dan penebaran bibit ikan, yang ada di dalam perkebunan milik anggota Gapoktan Tanjung Sehati. Kegiatan ini adalah untuk menyampaikan pesan, tentang pentingnya untuk mengembalikan fungsi alam. Meskipun tidak menyembuhkan secara keseluruhan tetapi berusaha mengembalikan fungsinya.

Pencapaian Gapoktan Tanjung Sehati, harus diapresiasi oleh semua pihak, dan minyak sawit berkelanjutan mestinya menjadi agenda semua stakeholder, tak hanya RSPO dan ISPO, tapi juga bagi semua pihak, agar pembangunan tidak selalu berhadapan dengan kelestarian alam dan keberlanjutan lingkungan.

Davina, Melani dan Mike, ditengah-tengah pengurus Gapoktan Tanjung Sehati

Davina ingin berkontribusi terhadap pelestarian alam di Desa Mekar Jaya.

Melani Subono, menebarkan bibit ikan di sungai di dalam kebun petani.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *