Aksi Bersama Melawan Corona

By Yonna Ferdiansyah 17 Jun 2020, 08:26:11 WIB Inovasi Setara
Aksi Bersama Melawan Corona

Setara Jambi mengalihkan kegiatan pemdampingan lapangan menjadi kegiatan social melawan COVID 19

Awal Maret 2020 Setara Jambi terpaksa memberhentikan atau tepatnya menangguhkan kegiatan asisensi pemberdayaan di lapangan untuk mencegah semakin luasnya penularan COVID 19. Meskipun kegiatan telah direncanakan dan berharap dapat terlaksana sesuai jadwal, akan tetapi kesehatan dan keselamatan menjadi jauh lebih penting pada situasi saat itu dan Setara memutuskan untuk bekerja dari rumah.

     

Baca Lainnya :

Selanjutnya sebagai respon cepat terhadap bencana COVID 19, Setara Jambi mengalihkan pembiayaan pendampingan per Maret 2020 untuk kegiatan social melawan Covid 19 berupa kegiatan penyemprotan Disinpektan, penyebarluasan infomasi tentang bahaya Corona melalui sepanduk,  fanflet, media social, pendistribusian sembako, masker, vitamin C, makan siang, pendistribusian paket bibit sayuran, memberikan bantuan makanan dan vitamin kepada tim medis dan petugas penjaga pembatasan, dan mendistribusikan makanan berbuka kepada 14 panti asuhan dan 1 panti jompo di Kota Jambi.  

Awal Maret 2020 menyiapkan dan mendistribusikan 1500 paket sembako kepada petani desa-desa dampingan dan warga kota Jambi. Pendistribusian dilakukan 2 tahap, yaitu pertengahan maret 2020 dan pada bulan Mei 2020 tepatnya pada bulan Suci Ramadhan. 

 

Jumlah sembako yang didistribusikan tentu tidak seberapa dibandingkan dengan jumlah penduduk kurang mampu yang paling rentan terdampak langsung, akan dan bahan sembako yang diberikan pun tidaklah memadai dibadingkan dengan kebutuhan konsumsi keluarga, akan tetapi bantuan kecil yang diberikan dapat sedikit meringankan beban sebagian warga kurang mampu dan petani kecil.


Dalam paket sembako juga terdapat informasi selebaran yang mengajak warga masyarakat untuk tetap waspada, sering mencuci tangan, tetap di rumah saja dan menggunakan masker jika terpaksa keluar rumah.   semoga dengan bannyaknya informasi yang disebarkan kepada masyarakat dapat meningkatkan kesadaran menjadi lebih waspada. Semoga bencana ini akan segera berakhir dan kita dapat memetik pelajaran untuk hidup lebih baik.     




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment