Bedah Sawit Bareng Mr Patricio, Petani Di Mendis Jaya Belajar dwi-sex Sawit

By Yonna Ferdiansyah 10 Mar 2020, 13:46:14 WIB Inovasi Petani
Bedah Sawit Bareng Mr Patricio, Petani Di Mendis Jaya Belajar dwi-sex Sawit

Petani sawit se Desa Mendis Jaya bersama dengan Mr Patricio dari Nebraska University, belajar pengembangan bunga kelapa sawit dan siklus produksi tandan di lapangan olahraga Desa Mendis Jaya, Kamis (13/2/2020) pada acara Field Day Gyga Project.


Bayung Lencir, Musi Banyuasin - Masih dalam rangkaian Gyga Project di Desa Mendis Jaya, Kecamatan Bayung Lencir, Musi Banyuasin sebelumnya yang bekerjasama dengan Pemerintah Desa Mendis Jaya serta Setara Jambi dalam memberikan pengetahuan kepada petani sawit tentang pengelolaan pertanian sawit.

Baca Lainnya :

Kali ini, petani sawit se Desa Mendis Jaya bersama dengan Mr Patricio dari Nebraska University, belajar pengembangan bunga kelapa sawit dan siklus produksi tandan di lapangan olahraga Desa Mendis Jaya, Kamis (13/2/2020) pada acara Field Day Gyga Project. Kegiatan dikemas menarik dengan membuat 4 stasiun, 2 diantaranya berupa game. Stasiun A dengan bedah kelapa sawit, disini petani belajar tentang siklus produksi, petani akan mengetahui seperti apa sawit tanaman belum menghasilkan (tbm) dan tanaman yang sudah menghasilkan (TM) bertujuan mengetahui produktivitas sawit.

Salah satunya petani diajarkan tentang dwi-sex dari sawit itu sendiri, dimana bunga sawit memiliki bagian jantan dan betina. Petani mendapatkan pelajaran bahwa dalam kondisi stres sawit lebih banyak menjadi jantan, dan bunga yang sudah menjadi betina dapat gugur. Petani mendapat pengetahuan penentuan bibit yang baik disini.

"Stasiun B tentang proses pembuahan kelapa sawit, jadi distasiun B ini, petani belajar seperti apa tumbuh kembang sawit. Untuk stasiun C dan D berupa games namun masih berkaitan dengan sawit. Intinya petani mendapatkan pemahaman pengelolaan pertanian sawit, hasil akhirnya adalah menentukan efisiensi penggunaan sumber daya," ujar koordinator lapangan Setara Jambi, Basit.

Kepala Desa Mendis Jaya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada yayasan Setara Jambi, Nebraska University, terutama Global Yield Gap Atlas (Gyga) serta para petani sawit Desa Mendis Jaya yang antusias menyukseskan kegiatan Gyga Project ini.

"Semoga petani sawit lebih smart dalam pengelolaan sawit, dan dapat mensejahterakan petani itu sendiri. Karena banyak yang dipelajari oleh petani hari ini, mulai dari pengembangan bunga kelapa sawit, hingga siklus produksi tandan. Dari situ masyarakat akan paham seperti apa pengelolaan pertanian sawit, apa yang harus dilakukan oleh petani terhadap sawit," ungkapnya.

 

Laporan : Luthfy




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment